Indramayu – Siswa kelas 12 Agama MAN 1 Indramayu menggelar praktik materi Munakahat dalam mata Pelajaran Fiqih. Dengan suasana yang meriah kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (28/11/2024) bertempat di Aula Madrasah. Kegiatan praktik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para siswa  tentang cara pernikahan sesuai dengan syariat Islam.

Dalam kegiatan ini, siswa memainkan peran sesuai struktur acara pernikahan, seperti wali nikah, mempelai pria dan wanita, saksi, penghulu, serta tamu undangan. Suasana dibuat semirip mungkin dengan pernikahan sungguhan, lengkap dengan kostum adat, riasan, perlengkapan dekorasi, dan dokumentasi.

Pembimbing kegiatan yang juga merupakan guru mata Pelajaran Fikih kelas 12, Siti Nurkholidah, S.Pd.I mengatakan bahwa materi dalam mata Pelajaran Fiqih perlu untuk dipraktikkan sehingga siswa diharapkan dapat memahami secara realita dan kontekstual dibandingkan hanya melalui teori di kelas.

“Tujuan dari praktik ini adalah agar siswa memahami langkah-langkah dalam proses pernikahan yang sesuai dengan hukum Islam. Tidak hanya teori, tetapi juga praktik yang mendekati realitas, sehingga mereka bisa memahami makna sakral dari pernikahan.” Ungkap Siti.

Selain prosesi ijab kabul yang berlangsung dengan hikmat, acara juga dimeriahkan oleh pertunjukan musik islami yang dibawakan oleh siswa. Setelah itu, seluruh peserta menikmati sajian soto yang telah disiapkan bersama, menciptakan suasana kebersamaan, mirip seperti acara pernikahan sesungguhnya.

Kepala Madrasah Drs. Wahyudin, M.Ag menyampaikan apresiasinya, “Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman hukum Islam secara teoritis, tetapi juga mendidik siswa untuk memahami nilai-nilai penting dalam kehidupan, seperti tanggung jawab, kerja sama, dan penghormatan terhadap syariat.” Ujarnya.

Salah satu siswa, Muhammad Nabih mengungkapkan kesannya, “Kami senang bisa belajar langsung melalui simulasi seperti ini. Rasanya seperti menghadiri acara pernikahan sungguhan, dan ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan.”

Kegiatan praktik ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan teori dan praktik, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep, tetapi juga memiliki pengalaman nyata dalam menjalankan nilai-nilai Islam.

 

Penulis: Lutfiyah Rahmah

Editor: Dewi Anggraeni