Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Kemendikbudristekdikti telah menerbitkan Kepmen Nomor 262/M/2022 sebagai perubahan Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum paradigma baru dalam rangka pemulihan pembelajaran  yang dinamai Kurikulum Merdeka dimana kurikulum ini disesuaikan dengan perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik (berorientasi pada peserta didik) dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi melalui projek  untuk menguatkan profil pelajar Pancasila berdasarkan tema yang telah ditetapkan pemerintah.

Implementasi kurikulum ini dilaksanakan secara bertahap di Satuan Pendidikan di bawah naungan Kemendikbudristekdikti atau Kemenag yang telah mendaftar dan dinyatakan siap oleh pemerintah sebagai pelaksana kurikulum merdeka dengan ditandai penerbitan SK.

Adapun jenjang yang akan diujicobakan adalah :

  1. Jenjang PAUD/RA
  2. Jenjang SD/MI/SLB untuk Kelas 1 dan 4
  3. Jenjang SMP/MTs untuk Kelas 7
  4. Jenjang SMA/MA/SMK untuk Kelas 10

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah di Bidang Pendidikan, MAN 1 Indramayu melaksanakan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar yang diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Rabu-Kamis tanggal 13-14 Juli 2022 dari mulai pukul 07.30 sampai pukul 15.00 meskipun MAN 1 Indramayu belum termasuk madrasah yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Tahun Pelajaran 2022/2023 ini. Namun walaupun begitu, pelaksanaan workshop ini sebagai wujud semangat para guru MAN 1 Indramayu untuk menyambut Kurikulum Merdeka Belajar sebagi upaya pemulihan pembelajaran yang selama pandemi Covid-19 ini terhambat.

Workshop Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan di MAN 1 Indramayu ini diawali dengan acara pembukaan, dimana Kepala Kantor Kemenag Indramayu Bapak Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si. menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan dukungan.

Acara pembukaan ini dimulai pukul 07.30 sampai pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara ini yaitu pembahasan materi workshop Hari ke-1 tentang Cara Pembuatan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, diskusi kelompok dan pengerjaan Tugas 1 sampai pukul 15.00 WIB yang disajikan oleh narasumber dari Universitas Negeri Jakarta yaitu Ibu Shahibah Yuliani, S.Sos, M.Pd.

Di hari ke-2, workshop dilanjutkan dengan materi Pembuatan Modul Pembelajaran, diskusi kelompok dan pengerjaan Tugas 2 sampai pukul 15.00 WIB.

Selama dua hari tersebut, para guru MAN 1 Indramayu sangat antusias mengikuti kegiatan dengan penuh seksama. Dan dari kegiatan ini diharapkan semakin menambah pengetahuan dan wawasan para guru tentang cara mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di masa mendatang.

Akhirnya kegiatan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar ini telah selesai dan ditutup dengan pembacaan do’a oleh Bapak Ahmad Hisyam, M.Pd.I.