MAN 1 Indramayu _ Selasa (02/04/2024) pembagian zakat fitrah untuk 70 siswa MAN 1 Indramayu dengan disaksikan oleh Kepala Madrasah Drs. Wahyudin, M.Ag dan Kepala Tata Usaha Istiqomatul Ambia, SE. MM di Masjid Ulul Albab MAN 1 Indramayu.

Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada idul fitri. Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra.

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi umat muslim setiap bulan Ramadhan, yang dipercaya sebagai syarat mensucikan diri sebelum merayakan idul fitri.

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Wahyudin mengatakan MAN 1 Indramayu secara rutin melakukan pembagian zakat fitrah setiap tahunnya di bulan Ramadhan dengan melibatkan seluruh siswa, guru dan staf tata usaha.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan rasa empati pada diri setiap individu khususnya siswa, bahwa dengan berbagi kita bisa membantu orang lain supaya ikut serta merasakan kebahagiaan di bulan Ramadhan ini. Dalam pelaksanaannya kami menugaskan H. Kanedi, S.Ag sebagai Pembina Keagamaan MAN 1 Indramayu untuk bertanggung jawab dalam mengumpulkan dana zakat dari guru, Staf TU dan siswa MAN 1 Indramayu serta membagikan dana zakat tersebut kepada yang membutuhkan khususnya siswa MAN 1 Indramayu yang tidak mampu.”

Kanedi mengungkapkan bahwa dalam proses pengumpulan dana zakat dari guru, staf TU dan siswa, MAN 1 Indramayu menggunakan acuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), besaran zakat fitrah tahun 1445 H / 2024 M adalah bagi siswa 2,5 Kg atau 3,5 Liter beras yang dikonversi dengan uang untuk Kabupaten Indramayu adalah Rp. 40.000, bagi ASN guru dan staf TU golongan IV Rp. 100.000, golongan III Rp. 50.000, dan golongan II Rp. 30.000.

“Setelah dana terkumpul, kami membagikan zakat fitrah kepada 70 siswa MAN 1 Indramayu yang dianggap kurang mampu berdasarkan info dari wali kelas dari setiap kelasnya. Pembagian zakat fitrah disaksikan langsung oleh Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha di Masjid Ulul Albab.” Lengkap Kanedi.

Semoga MAN 1 Indramayu tetap dapat menyalurkan zakat fitrah dengan lebih banyak lagi di Ramadhan selanjutnya.

 

Penulis: Dewi Anggraeni