MAN 1 Indramayu _ Selasa (02/04/2024) rapat koordinasi antara Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, dan Tim Penjamin Mutu terkait Evaluasi Diri Madrasah (EDM) tahun 2023 bertempat di ruang TPM MAN 1 Indramayu.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh Kepala Madrasah bersama guru, staf TU dan komite madrasah, dengan bantuan pengawas. Hasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut. EDM dilaksanakan oleh setiap Madrasah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu Madrasah secara berkelanjutan.

Mengingat betapa pentingnya EDM ini dalam pengembangan mutu pendidikan, maka pada rapat tersebut Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, dan Tim Penjamin Mutu melakukan rapat koordinasi untuk pengisian EDM MAN 1 Indramayu tahun 2023. Laporan EDM disusun untuk menindaklanjuti hasil temuan yang didapatkan melalui instrument Evaluasi Diri Madrasah dengan merujuk pada lima aspek; yaitu Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah, Aspek Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Pendidik, Aspek Persiapan Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran, dan Aspek Perencanaan Pembiayaan.

Drs. Wahyudin, M.Ag selaku Kepala MAN 1 Indramayu menyampaikan bahwa pengisian EDM sangat penting untuk melihat kualitas diri Madrasah terkait pengembangan mutu pendidikan yang terdapat pada MAN 1 Indramayu.

“Kegiatan ini mengikutsertakan semua pemangku kepentingan untuk melihat kembali jati diri, kekuatan, kelemahan, tantangan dan apa yang harus diprioritaskan oleh MAN 1 Indramayu. sehingga MAN 1 Indramayu sebagai lembaga pendidikan mampu memberikan yang terbaik dalam pelayanannya terhadap siswa, Wali Siswa, dan masyarakat.” Pungkas Wahyudin.

EDM di setiap Madrasah menjadi tanggung jawab Kepala Madrasah yang kemudian dilaksanakan oleh Tim Penjamin Mutu (TPM) yang terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Komite Madrasah, Wakabid Akademik, Wakabid Kesiswaan, Wakabid Humas, Bendahara Madrasah, Staf Akademik, Staf Humas, Staf Sapras, Guru dan Wali Siswa.

 

Penulis: Dewi Anggraeni