MAN 1 Indramayu _ (17/04/2024) Kegiatan halal bi halal di MAN 1 Indramayu dilaksanakan pada hari pertama masuk setelah libur hari Raya Idul Fitri 1445 H. Acara yang menjadi wadah untuk saling memaafkan satu sama lain ini diikuti seluruh peserta didik, guru, dan staf tata usaha yang bertempat di lapangan dalam MAN 1 Indramayu. Acara tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Misbahussurur dan dilanjutkan dengan saling bersalaman.

Halal bi Halal merupakan tradisi yang dilaksanakan setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, hal ini dilakukan dengan tujuan dapat mempererat hubungan sosial dan memperbaiki tali silaturahmi antar sesama. Tradisi ini dilaksanakan dengan berkunjung ke rumah saudara, tetangga, teman, dan rekan kerja untuk menyampaikan salam, memohon maaf dan memaafkan satu sama lain. Tradisi halal bi halal juga hampir dilaksanakan di semua instansi maupun lembaga, baik lembaga pemerintah maupun swasta.

Kepala MAN 1 Indramayu, Drs. Wahyudin, M.Ag., mengatakan bahwa kegiatan halal bi halal dapat meningkatkan keakraban antara peserta didik dengan guru serta staf tata usaha yang ada di MAN 1 Indramayu.  Wahyudin pun menyampaikan atas nama keluarga besar MAN 1 Indramayu, mengucapkan selamat Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.

“Bulan Ramadhan yang telah kita lewati adalah momentum untuk kita memperbaiki diri dalam segala hal, MAN 1 Indramayu akan terus melakukan lompatan dalam mewujudkan Madrasah yang memiliki akhlak terpuji, kuat ideologi dan unggul prestasi dengan terus membenahi diri, tentunya hal tersebut akan terwujud bila seluruh stakeholder MAN 1 Indramayu berperan sesuai fungsinya dan saling bekerjasama” Ujarnya

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Sukron, S.Pd  mengatakan esensi dari halal bi halal adalah adanya sikap saling memaafkan dan menyembuhkan luka hati. Interaksi kita di MAN 1 Indramayu, baik peserta didik, guru, dan staf tata usaha tentunya ada kesalahpahaman yang terjadi.  melalui tradisi halal bi halal ini, diharapkan untuk melupakan kesalahpahaman masa lalu, memaafkan kesalahan, dan memulai hubungan dengan hati yang bersih dan tulus.

“Tempaan di bulan Ramadhan yang kita lalui diharapkan dapat meningkatkan disiplin. Saya akan meningkatkan disiplin dan penegakan tata tertib yang ada di MAN 1 Indramayu dalam rangka mendukung setiap program yang ada di Madrasah ini. ” Tambahnya

 

Penulis: Dadan Hartato

Editor: Dewi Anggraeni